YRKI.blogspot.com - Yamaha RX-King adalah motor legendaris. Image motor sport kencang, lincah dan agresif begitu lengket di motor 2-tak ini. Konsep ini yang ingin tetap dipertahankan Koh Awi, sang pemilik lewat penambahan aroma yang lebih macho dan futuristik.
“Karena itu maka bentuk tangki standar masih dipertahankan supaya identitas tadi nggak hilang,” kata Budi Udin Fakkar dari Jatayu Motor Sport (JMS) sebagai modifikator. Memang untuk motor tipe sport, desain tangki menjadi identitas utama selain mesin tentunya.
Bentuk sporty dengan tangki slim alias ramping diteruskan pada desain bodi belakang. Semuanya terlihat harmonis, enggak bertabrakan. “Bahkan pada buntutnya sengaja didesain menjadi sangat sporty. Runcing dan berundak,” pasti Budi.
Untuk mempertahankan itu, tentunya kudu ati-ati, termasuk di soal pemilihan pelek. “Diusahakan tidak terlalu lebar sehingga kesan lincahnya tetap dapat,” kata builder berbadan besar ini.
Karena itu, untuk roda belakang hanya menggunakan lebar 3 inci dengan ban 130/60x17. “Pas dengan karakter motor yang cepat dan lincah,” tambahnya lebih jauh.
Tampang RX-King yang khas dibuat menjadi lebih modern dengan rombakan di bagian kaki-kaki. Misal aplikasi upside down dari Aprilia di kaki depan. Di bagian ini juga dipilih diameter as sok tidak terlalu lebar, hanya 40 mm. Sehingga tidak merusak tema.
Sedang di belakang tentunya penggunaan pro-arm dari NSR150 SP yang bikin semua jadi tampak berbeda. “Dengan kata lain, jadi lebih up to date tanpa menghilangkan ciri RX-King. Juga sesuai harapan customer,” tutup Budi yang begitu lega akan karya terbarunya ini.
KAYA INOVASI
Selain adanya lubang intip di tangki, di tutup kopling juga dibuat nyaris sama. Tutup bak dibuat transparan. “Selain menambah keunikan dan keindahan juga bisa memantau kondisi kekotoran oli mesin,” terang Budi bersemangat.
Jurus cerdas lainnya pada pemilihan lampu depan. Lampu ala trail atau supermoto ini cocok juga dipasang dengan motor yang dikenal sebagai andalan para jambret. Enggak nyangka, kan?
RACING SAMPAI CAT
Kesan racing juga menyasar sampai kelir. Buktinya dipilih warna merah ala Ferrari. Sampeyan juga pasti ngeh kalau merek asal Italia itu kesannya sudah pasti balap bin kencang. Merek yang digunakan adalah Spies Hecker dengan seri Red Ferrari. Betul-betul pas.
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 90/80-17
Ban belakang : Swallow 130/60-17
Pelek depan : Enkei 2,15x17
Pelek belakang : Enkei 3,00x17
Cakram depan : Honda NSR150 SP 300 mm
Kaliper depan : Aprilia 4 piston
Kaliper belakang : Brembo 2 piston
Upside down : Aprilia diameter 40 mm
Sok belakang : Kawasaki Ninja ZX150
Sepatbor depan : Custom
Spidometer : Aprilia RS125
Lampu belakang : LED
Silencer : Acerbis C35 Carbon
Slang rem : Hel
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar